Kamis, 25 Februari 2010

Museum Affandi

Mau main kemana lagi di Jogja?? Keraton udah, Malioboro bosen, bagaimana kalau ke museum?? Huhuu.. saya merekomendasikan satu dari sekian banyak museum yang ada di kota Gudeg ini, Museum Affandi!
Dimana Museum Affandi? kalau kamu pernah ke Jogja, (hampir) pasti kamu pernah melewati museum ini. Terletak di jalan utama Kota Jogja, yaitu Jalan Laksda Adi Sucipto atau Jalan Solo. Pokoknya dari airport menuju Malioboro dan Keraton lewat lah! Ancer-ancernya : Adi Sucipto Airport - Fly over Janti - Plasa Ambarrukmo - perempatan UIN Sunan Kalijaga, lihat kanan jalan. Ada bangunan seperti kastil Negeri Dongeng, di sebelah Jembatan Gajah Wong. Tiket masuknya Rp.20.000,00 dapat bonus souvenir (kemarin saya dapat pensil boneka Jawa) dan softdrink.
Ada empat galeri di museum ini. Galeri 1, berisi karya-karya sang maestro, mulai dari awal beliau menekuni aliran naturalis hingga akhirnya beralih ke aliran ekspresif. Lukisan terakhir beliau di buat pada tahun 1989 dalam kondisi sakit stroke. Di galeri ini juga dipajang beberapa benda peninggalan Almarhum, seperti mobil, sepeda onthel, sepeda statis, cerutu, sendal jepit dan lain-lain. Beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri (Singapura, Jepang, Belanda dll.) juga di pajang disini.
Galeri 1
Galeri 2, berisi lukisan karya anak dan cucu dari Almarhum Affandi, yaitu Kartika dan Didiet. Di Galeri 2 ini juga ada beberapa karya seni (patung) yang bisa dibeli dengan harga sekitaran Rp.15.000.000,00 s/d Rp.25.000.000,00 dan lukisannya sendiri sekitar 1M, lumayan lah buat oleh-oleh hehe...
Lanjut ke Galeri 3, disini dipajang beberapa lukisan Affandi dan karya sulaman dari Ibu Maryati.
Sedangkan di Galeri 4 berisi lukisan dan gambar-gambar karya murid-murid Sanggar Lukis Gajah Wong, milik Almarhum. Medianya ada yang sudah memakai cat dan kanvas, ada pula yang pakai kertas dan krayon.
Galeri 4
Dari ke-empat galeri, cuma di Galeri 4 yang boleh pepotoan, selain itu aturan disana nggak boleh masuk bawa makanan dan minuman, juga nggak boleh celamitan colak-colek lukisan! Fasilitas pelengkap ada juga Mushola (yang berbentuk pedati) dan kafetaria yang suka buat nongkrong seniman Jogja.
Ayo, tunggu apalagi?! Selamat menikmati libur akhir pekan yang panjang ini!! dan....
AYO KE MUSEUM!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar